Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Arti dan Fungsi warna Kelistrikkan Rumah dan Mobil

Teman - teman di artikel kali ini kita akan mengulas seputar arti warna kabel listrik yang mungkin kita belum memahaminya. seperti yang kita ketahui setiap kabel listrik terdiri dari beberapa warna yang masing - masing memiliki arti maksud dan tujuannya artinya anda tidak boleh salah pasang ya. Dengan mengetahui jenis dan warna - warna kabel tentu akan dapat memudahkan kita dalam memasang installasi listrik baik dirumah maupun kabel kelistrikan mobil karena meskipun keduanya berbeda tempat jika urusannya sama mengenai kelistrikkan maka anda wajib mengetahui arti warna kabel kelistrikan mobil dan juga arti warna kabel listrik rumah.

Seperti yang sudah kita ketahui setiap kabel memiliki macam - macam warna yang dibuat oleh produsen tentu dengan maksud tertentu. termasuk kabel listrik yang digunakan untuk installasi rumah tangga meskipun merk kabel berbeda - beda tentu ketika kita kelupas warna kabel tetap sama terdiri dari merah, kuning, hitam, biru, dan kuning strip hijau. semua ini seakan sudah menjadi kode tersendiri untuk setiap produsen kabel dan membuat warna kabel yang sama. Tujuan berbedanya warna - warna kabel tersebut baik warna kabel kelistrikan mobil ataupun warna kabel listrik rumah tentu agar kita mudah saat melakukan pemasangan dan perawatan sehingga dengan perbedaan warna tersebut kita tidak tertukar saat melakukan perbaikan atau perawatan.
Ketahui Arti dan Fungsi warna Kelistrikkan Rumah dan Mobil
Dalam pemasangan warna - warna kabel ini memiliki arti dan fungsi masing - masing warna kabel tersebut mulai dari arti warna kabel listrik 3 phase atau arti warna kabel listrik coklat dari perbedaan - perbedaan tersebut jelas sekali memiliki fungsi yang berbeda juga. sama halnya seperti yang sudah saya sebutkan diatas antara arti warna kabel kelistrikan mobil dan juga arti warna kabel listrik rumah untuk lebih jelasnya kita akan ulas dibawah ini.

Arti dan Fungsi warna Kelistrikkan Rumah

Warna Kabel : merah, kuning, hitam.
Penggunaanya untuk muatan listrik positif  atau sering disebut Api kabel jenis ini biasanya jika kita tempelkan tespen akan menyala dan memilihi setrum yang cukup tinggi.
Sumber Arus : Muatan listrik positif arus yang besumber dari PLN yang biasanya dipasang pada tiang listrik

Warna Kabel : Biru
Penggunaan kabel ini untuk bermuatan negatif biasanya kabel ini tidak menyetrum dan jika ditempalkan obeng tespen tidak ada arus listrik. dan tespen tidak manyala.
Sumber Arus : Muatan listrik positif arus yang besumber dari PLN yang biasanya dipasang pada tiang listrik

Warna Kabel : Kuning strip hijau
Penggunaan kabel ini untuk muatan listrik arde atau biasa dikenal dengan kabel Ground
Sumber Arus : Kabel grounding ini bersumber dari tanah yang ditancapkan menggunakan pipa logam atau bisa dengan paku. yang mana proses pemasangannya adalah dengan kabel bermuatan negatif yang bersumber dari PLN.

Berikutnya adalah kabel dengan jenis NYA, NYY dan NYM umumnya kabel ini jika kita lihat terdapat tiga warna kabel yang berbeda dimana warna kabel tersebut adalah biru, hitan dan kuning. cara pemasangannya kabel biru : Digunakan untuk kabel bermuatan Negatif atau Netral, Warna kuning digunakan untuk Ground dan warna hitam digunakan untuk muatan API atau fasa.

Dalam proses pemasangan kebel bukan hanya soal warna yang menjadi perhatian melainkan soal ukuran diameter kabel pun menjadi salah satu hal yang amat penting karena sebelum memasang kabel pastikan kabel sesuai dengan SNI dan PUIL karena berdasarkan PUIL besarnya suatu kapasitas yang diantar oleh kabel disebut juga kuat hantaran arus listrik atau singkatan KHA. jadi pastikan anda sebelum memasang installasi listrik rumah lihat terlebih dulu diameter kabel yang akan digunakan dan lihat beberapa kriteria kabel dibawah ini :
  • Pilih ukuran kabel yang menyesuaikan dengan daya listrik rumah anda. karena arus listrik yang bebannya melebihi KHA maka akan panas dan dikawatirkan meleleh. dan hal ini dapat bersiko dengan terjadinya kebakaran. dibawah ini panduan untuk ukuran kabel yang bisa digunakan
  1. Kebal diameter 4 mm : Digunakan untuk meteran ke MCB
  2. Kabel diameter 2,5 mm : Digunakan untuk jalur utama listrik.
  3. kabel diamater 1,5 mm : Digunakan untuk bagian percabangan saklar dan lampu - lampu
  • Dalam hal ini anda juga perlu memperhatikan kedepannya berkemungkinan penambahan daya beban listrik maka baiknya gunakan kabel dengan ukuran yang lebih besar. agar ketika penambahan daya tidak perlu lagi mengganti kabel yang sudah terinstallasi.

Arti Kode warna kabel kelistrikan mobil

Kelistrikan mobil sama hal nya dengan kelistrikkan rumah namun kode warna yang terdapat pada kelistrikkan mobil tentu berbeda dengan kode warna kelistrikkan rumah. secara umum sistem kelistrikkan pada kendaraan terbagi menjadi dua antara lain yaitu sistem kelistrikan pada bodi (Chassis) dan sistem kelistrikan pada bagian mesin (Engine). keduanya komponen tersebut memiliki jumlah kebutuhann listrik yang sangat banyak.

Tujuan dibuatnya pembeda setiap kode warna pada bagian mobil ini agar kita tidak disulitkan ketika melakukan perbaikan pada mobil karena system kelistrikkan yang banyak. Nah dibawah ini adalah macam - macam kode warna kelistrikkan mobil :

Kabel Satu Warna Kelistrikan Mobil

Janis kabel ini memiliki bagian pembungkusnya isolatornya hanya satu warna dibawah ini kode warna untuk kabel nya :
 
B : Black (hitam)
BR : Brown (coklat)
G: Green ( hijau)
GR: Grey (abu-abu)
L: Blue (biru)
LG: Light Green (hijau muda/hijau terang)
O: Orange (oranye)
P: Pink (merah muda)
PU: Purple (ungu muda)
R: Red (merah)
SB: Sky Blue (biru langit/biru muda)
SI: Silver (perak)
V: Violet (ungu tua)
W: White (putih)
Y: Yellow

Kabel Dua Warna Kelistrikan Mobil

Untuk kabel jenis dua warna ini cirinya adalah bagian pembungkus isolatornya terdiri dari dua warna satu kabel fungsinya sebagai warna dasar dan yang satunya sebagai warna penanda.

W-R : White - Red ( putih strip merah)
L-W : Blue - White ( biru strip putih )
R-B : Red - Black (merah strip hitam)
G-B : Green - Black (hijau strip hitam)

Dibawah ini adalah kode warna kelistrikkan mobil beserta posisi penggunaan kabel tersebut :




Posting Komentar untuk "Ketahui Arti dan Fungsi warna Kelistrikkan Rumah dan Mobil"