Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi speaker aktif polytron rusak dibahas disini

Untuk anda pemilik speaker aktif polytron yang mengalami kerusakan di artikel kali ini kita akan mengulas mengenai Solusi speaker aktif polytron rusak yang mana umumnya biasanya speaker rusak ini banyak sekali ciri - cirinya antara lain speaker tidak bersuara, speaker tidak bisa hidup dan masih banyak masalah lainnya yang termasuk dalam kategori speaker rusak. Dalam proses perbaikan speaker aktif polytron ini tentu harus didasari oleh beberapa pengetahuan baik itu tentang ilmu elektronik dan juga beberapa pemahaman mengenai elektronik.

untuk melakukan analisa perbaikan speaker aktif polytron rusak ini anda harus menjamper power suplay yang menuju power ampli. umumnya kejadian kerusakan yang dialami speaker aktif polytron rusak ini adalah sebagai berikut :
  1. Terdapat suara cit jika di analisa suara ini bersumber dari power suplay
  2. Lampu power speaker aktif polytron tidak hidup
  3. Lampu Power hidup tapi speaker aktif polytron tidak berbunyi
  4. Suara Lemah atau loyo dan bagian bass juga tidak ada.
  5. speaker aktif polytron Suara tidak bunyi
  6. speaker aktif polytron suaranya kecil
  7. speaker aktif polytron rusak pada bagian pas 68
Cara menganalisa bagian kerusakan pada speaker aktif polytron adalah dengan melakukan beberapa langkah Anda dapat melepas dan ukur bagian teganggan di ELKO 35v biasanya terukur 25v dalam keadaan normal. Dalam kondisi ini apabila tegangan menjadi normal umumnya kerusakan ini terjadi pada bagian power ampli. Namun jika anda sudah melakukan langkah diatas dan tegangan tidak normal artinya anda harus melakukan cek pada bagian elko 450v karena bisa jadi kelemahan ini terjadi disebabkan karena lemahnya bagian elko power suplay 450 v. yang menimbulkan drop pada tegangan keluar atau output termasuk drop pada tengan elko 35v.

Gambar Speaker Aktif polytron
Gambar Speaker Aktif polytron
Umumnya sering juga masalah ini disebabkan karena solderan yang lepas atau terjadi retak pada bagian papan mesin, utamanya di bagian trafo power supply pada dasarnya pengecekan komponen yang retak ini harus menggunakan kaca pembesar karena biasanya pecahan ini tidak dapat dilihat dengan mata normal karena kondisinya tidak kasat mata. jadi anda perlu hati - hati dalam menganalisa permasalahan ini apalagi jika harus mengecek bagian - bagian komponen power supply. Sebelum melakukan hal tersebut kondisikan setrum dengan di netralkan terlebih dulu utamanya di bagian elco 450v karena biasaya setrum tersimpan disini.
Baca juga : Baru Cara Menambal Panci Bocor dengan Mudah dan Murah
Pada bagian apli yang sering mengalami kerusakan atau short adalah di transistor finalnya TIP 41/42 posisinya terletak pada bagian plat dinding. Faktor utama penyebabnya adalah short transistor driver yang membuat rusak trans finals A1015/C1815 artinya sebelum anda melakukan perbaikan pada bagian trans final pastkan trans driver kondisinya normal. karena jika sampai terjadi short pada bagian trans driver maka yang terjadi adalah transistor final akan rusak meskipun anda baru mengganti bagian transistor final ini. faktor lainnya adalah transistor final ini akan langsung panas kondisinya meskipun belum terhubung ke bagian speaker.
Baca Juga : Mudah Cara Mengatasi Katup Tabung Gas Bocor
Dari penjelasan diatas apabila terdapat masukkan ataupun tambahan silakan berkomentar, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk teman - teman yang sedang mengalami kondisi kerusakan pada bagian spaaker polytron. Tulisan diatas mungkin belum dapat membantu menyelesaikan permasalahan teman - teman secara keseluruhan. Namun perlu saya ingatkan sesuai pengalaman kerusakan yang terjadi pada speaker aktif polytron ini biasanya adalah bagian blok amplinya.

Posting Komentar untuk "Solusi speaker aktif polytron rusak dibahas disini"